Sunday, October 30, 2011

Apakah FISIKA Itu ?

APAKAH FISIKA ITU ??

Fisika adalah ilmu tentang alam dalam makna  yang terluas. tentang Fisika mempelajari gejala alam yang tidak hidup atau materi dalam lingkup ruang dan waktu Fisika mempelajari perilaku dan sifat materi dalam bidang yang sangat beragam, mulai dari partikel submikroskopis yang membentuk segala materi (fisika partikel) hingga perilaku materi   alam semesta sebagai satu kesatuan kosmos.Fisika merupakan ilmu yang didasarkan pada pengamatan eksperimental dan pengukuran kuantitatif Fisika juga berkaitan erat dengan matematika. Teori fisika banyak dinyatakan dalam notasi matematis, dan matematika yang digunakan biasanya lebih rumit dari pada matematika yang digunakan dalam bidang sains lainnya.  

Perbedaan antara fisika dan matematika adalah: fisika berkaitan dengan pemerian dunia material,  sedangkan matematika berkaitan dengan pola-pola abstrak yang tak selalu berhubungan dengan dunia material.

•    Fisika
•    Fisika Klasik
•    (Sblm 1920)
•    Fisika Modern
•    (Stlh 1920


Apakah FISIKA klasik Itu ? Fisika klasik adalah fisika yang didasari prinsip-prinsip yang dikembangkan sebelum bangkitnya teori kuantum, meliputi mekanika klasik, dll.Fisika modern merupakan mempelajari  perilaku materi dan energi pada skala atomik    dan partikel-partikel subatomik atau gelombang. Materi yang dibahas dalam fisika modern adalah skala atomik atau subatomik dan partikel bergerak dalam kecepatan tinggi.

Bagaimana mendapatkan hukum Fisika ?? Mengamati dengan teliti ----berarti : mengukur Lalu menetapkan hukum alam, TAPI Setiap hukum alam harus diuji dulu, biasanya  Lama pengujiannya baru bisa diterima hukum tsb Bagaimana mengujinya??Dengan eksperimen (pengamatan sesuatu yang terjadi ) Jadi Fisika erat hubungannya dengan dunia nyata.

Seja o primeiro a comentar

Post a Comment

Kumpulan Tentang Ilmu Kimia ©Template Blogger Green by Dicas Blogger.

TOPO